Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » My Note » 4 KEMAMPUAN AKAN DIMILIKI SISWA DIMASA PANDEMIK

4 KEMAMPUAN AKAN DIMILIKI SISWA DIMASA PANDEMIK

(278 Views) September 29, 2020 10:43 pm | Published by | No comment

Haloo sobat okeguru.
Saat artikel ini saya tulis. Angka kasus Covid-19 di Indonesia, masih menunjukkan angka 4002. Di Jawa Barat angka kasus Covid-19 ada di angka 316.

Sumber gambar : https://pikobar.jabarprov.go.id/data

Jika sobat okeguru cek di laman resmi https://covid19.go.id/peta-risiko. Masih terdapat 5 kota di Jawa Barat dengan status Risiko Tinggi yaitu Kota Depok, Bekasi, Cirebon, Kota Bogor dan Kota Cirebon.

Sumber gambar : https://covid19.go.id/peta-risiko

14 kota lainnya ada di zona Risiko Sedang. Termasuk di dalamnya Kota Bandung dan Kota Cimahi, tempat saya tinggal saat ini.

Dampaknya, pemerintah Dinas Pendidikan Jawa Barat masih memberlakukan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk seluruh satuan pendidikan. Upaya ini tentunya, supaya mengurangi penyebaran virus Covid-19. Sehingga kegiatan belajar disekolah bisa segera kembali seperti biasa.

Sobat okeguru.
Ada 4 fakta yang tak disadari oleh kita. Saat melakukan kegiatan belajar di rumah loh. Dan jika itu terus dilakukan secara disiplin, akan jadi skill atau kemampuan buat bekal hidup kita di era revolusi industry 4.0.

1. KEMAMPUAN BELAJAR MEMANFAATKAN INTERNET

Sumber gambar : https://cf.ltkcdn.net/

Saat ini. Guru, siswa, dan orang tua. Dipaksa untuk menyentuh teknologi internet.

Anak saya aja yang masih duduk dikelas 3 SD dan 4 SD. Sudah biasa melakukan video call dengan gurunya. Bahkan beberapa istilah seperti kata download, upload, searching aja di google, cari di brainly.

Kalimat – kalimat itu sering mereka ucapkan ketika mengerjakan tugas dari gurunya. Luar biasa bukan.

Kalau dalam kondisi normal. Terus sengaja diajarin, cara mencari informasi di mesin pencari. Saya yakin akan sulit.

Kenapa ?
Karena mereka tidak membutuhkan itu.
Tapi kondisi belajar dari rumah. Jauh dari gurunya yang biasa membimbing. Yaa terpaksa.

Mereka akan mecari informasi dari internet untuk mengerjakan tugas sekolah. Kemampuan ini tanpa disadari telah dilimiki dan jadi gaya hidup untuk bekal di era revolusi industry 4.0.

Gimana dengan kalian, sama kan ? Masih belajar di rumah dan pake internet ?

2. KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Sumber gambar : https://dneegypt.nyc3.digitaloceanspaces.com/

Menghubungkan laptop dengan wifi. Mengaktifkan fitur wifi di HP. Sampai berbagi hotspot pribadi / tethering, sudah biasa kamu lakukan kan. Bahkan sambil memejamkan mata aja bisa.

Membagikan file data dari HP ke HP. Kemudian memindahkan file dari HP ke Laptop. Bahkan kirim tugas ke guru via email atau upload ke Google Drive. Sering juga tuh kamu lakukan. Bener gak sih !!?

Nah, kemampuan menggunakan teknologi seperti itu, secara alami kamu lakukan.

Masa pandemik ini, yang menuntut kita harus belajar dari rumah, memperkenalkan banyak teknologi. Mulai dari video conference dengan guru. Belajar online menggunakan Google Classroom, Edmodo, Microsoft Team, Learning Management System dan masih banyak lagi.

Tanpa disadari. Kemampuan menggunakan teknologi ini sudah melekat dalam kehidupan belajar. Jika aktifitas ini sudah jadi pembiasaan dan tanpa beban, hadirnya teknologi masa depan pun akan selalu siap kamu hadapi. Jadi tetaplah terus belajar dan lakukan eksplorasi teknologi yang ada saat ini.

3. KEMAMPUAN GLOBALISASI

Sumber gambar : https://sampi.co/

Saya yakin, saat kamu cari informasi untuk mencari sumber belajar lain, banyak artikel yang berbahasa asing. Terutama bahasa Inggris. Kadang juga mencari jawaban di forum – forum luar negeri seperti stackoverflwo.com.

Banyak banget yang sharing solusi permasalah yang kalian butuhkan. Tidak hanya bisa cari informasi aja. Kalian pun bisa memberikan respon terhadap solusi yang mereka bagikan.

Kemampuan untuk berkolaborasi. Sharing informasi. Apalagi dengan forum – forum yang ada diluar negeri. Saat ini kan gampang untuk memahami bahasa asing. Keahadiran Google Translate, pastinya sering kalian pake buat terjemahin informasi yang berbahasa asing.

Tau gak. Dengan kebiasaan seperti itu. Tanpa sadar kamu sudah punya kemampuan globalisasi. Keberanian buat memberi komentar di forum online. Itu sudah jadi modal dasar yang luar biasa. Untuk bisa gaul dengan banyak orang di dunia maya.

4. KEMAMPUAN MEMPREDIKSI

Sumber gambar : https://www.healthcareitnews.com/

Akhir – akhir ini pastinya guru kalian banyak kasih quiz yaa. Atau ada juga yang sudah dapat laporan evaluasi belajar tengah semester ?

Sebelumnya saya ucaplam selamat dulu, buat yang dapet nilainya bagus. Tapi jangan sedih juga buat yang belum dapet nilian memuaskan. Masih banyak kesempatan untuk memperbaikinya.

Caranya gimana ?

Kalian kan belajar menggunakan elearning yaa.
Seperti Google Classroom, Edmodo, Moodel atau sejenisnya. Semua nilai, tersimpan kan di akun elearning.

Nah, data nilai yang ada di elearning, itu bisa jadi sumber informasi penting buat menentukan nilai akhir kamu.

Jadi kalau ada nilai yang belum memuaskan, kamu bisa minta tugas ke gurunya,  supaya bisa memperbaiki nilai yang kurang.  

Kemampuan membaca data nilai adalah skill yang tanpa sadar kamu  miliki, untuk memprediksi hasil akhir.

Jadi, teruslah belajar membaca data nilai hasil belajar. Dan lakukan tindakan yang seharusnya kamu lakukan. Untuk memperbaiki nilai.

Supaya medapat hasil belajar yang optimal. Kemampuan memprediski ini lah yang akan kamu butuhkan untuk bisa hidup di era revolusi industry 4.0.

Itulah 4 kemampuan yang tanpa sadar dimiliki siswa dimasa pamdemik. Jika sudah menjadi pembiasaan dan gaya hidup. Akan jadi bekal berharga untuk kehidupan di masa depan.

Menurut kamu, kemampuan apalagi yang bisa dimiliki selama belajar dimasa pandemik ?
Ketik di kotak komentar yaa
.

Tetap semangat belajar dari rumah. Terus berprestasi dan berkreasi.
Salam Inovasi Salam Implementasi.

Daftar pustaka:

Jorgy Valentino. 2019. Kompetensi yang Harus Dimiliki Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. https://www.kompasiana.com/jorgysimamora/5c84e2d0bde57502e666b278/kompetensi-yang-harus-dimiliki-generasi-milenial-dalam-menghadapi-revolusi-industri-4-0. 30 September 2020.

Ma’soem University. 2020. Kompetensi yang Harus Dimiliki Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. https://masoemuniversity.ac.id/berita/kompetensi-yang-harus-dimiliki-generasi-milenial-di-era-revolusi-industri-40.php. 30 September 2020.

Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Provisni Jawab Barat. 2020. Dashboard Statistik Kasus Covid-19 Provinsi Jawa Barat. https://pikobar.jabarprov.go.id/data. 30 Spetember 2020.

Satuan Tugas Pengangan COVID-19.2020. Data Zona Risiko. https://covid19.go.id/peta-risiko. 30 Spetember 2020.

Categorised in:

No comment for 4 KEMAMPUAN AKAN DIMILIKI SISWA DIMASA PANDEMIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *