Menu Click to open Menus

Oke Guru - Reading, Learning, Sharing are My Adventures

TOP COMMENTED

68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013

May 28, 2016 12:50 pm | Published by | 28 Comments

Semangat literasi mengundang ketertarikan saya untuk menikmati buku bacaan baru dan akkirnya berlabuh pada “68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013” yang ditulis Aris Shoimin. Proses belajar mengajar dipengaruhi emosi. Apabila siswa merasa terpaksa mengikuti proses pembelajaran, mereka akan kesulitan... Read more.

Featured Category

Sintak dan Langkah – langkah Model Pembelajaran Inquiry Learning
March 28, 2018 10:41 pm
Published by
1 Comment
Sintak Model Pembelajaran Inquiry Learning 1. Tahap orientasi. Tahap ini merupakan tahap dimana siswa pertama kali untuk diperkenalkan terhadap masyarakat 2. Merumuskan Masalah Perumusan permasalahan ini melingkupi tantangan apa yang harus dicari jawabannya terkait permasalahan yang diangkat 3. Merumuskan Hipotesis... Read more.

buat gelombang sinus Cara Membuat Gelombang Sinus di Excel
April 17, 2015 4:48 am
Published by
No comment
Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk media pembelajaran. Mulai dari yang mudah digunakan hingga yang dilengkapi banyak fitur. Kebanyakan fitur jadi malah pusing juga pake aplikasinya. Saya lebih memilih aplikasi yang sering dan biasa digunakan. Tujuannya satu, supaya pengguna mudah... Read more.

Kolaborasi Blended Learning dengan TANDUR Kolaborasi Blended Learning Dengan Model Pembelajaran TANDUR
August 31, 2016 1:58 am
Published by
1 Comment
Kolaborasi Blended Learning dengan model pembalajaran TANDUR. Saya lakukan untuk memberikan suasana baru dalam belajar. Harapannya supaya siswa bisa optimal dalam pembelajaran. Sobat okeguru pastinya pernah membaca. Bahkan mungkin mendengar quote berikut : Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, sesungguhnya mereka... Read more.

Video Scribe – Menyisipkan Back Sound
October 9, 2016 10:02 pm
Published by
9 Comments
Rasanya akan terkesan monoton jika video animasi hanya menampilkan gambar dan teks saja. Fitur selanjutnya pada Video Scribe adalah menyisipkan musik latar atau back sound. Jadi kita bisa tambahkan back sound pada presentasi video yang kita buat. Back sound music... Read more.

cara membuat kutipan TIGA ALTERNATIF CARA MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA
July 2, 2022 1:29 am
Published by
2 Comments
Di dalam Kurikulum Merdeka. Pemerintah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. CP perlu diurai menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret, yang dicapai satu persatu oleh... Read more.

Tutorial Moodle – Membuat Soal Online Menggunakan Ms. Word
January 4, 2017 10:17 pm
Published by
12 Comments
Membuat soal online menggunakan ms word pada moodle akam mempermudah pekerjaan saat akan menyelenggarakan ujian online kepada siswa. Pada kesempatan kali ini okeguru akan membahasa cara membuat soal online menggunakan ms word untuk LM Moodle. Membuat Soal Online Menggunakan Ms... Read more.

Editor's Pick

Latest Post of Oke Guru

Terbaru

Miskonsepsi Guru Implementasi Kurikulum Merdeka

Scaffolding Dalam Pembelajaran

April 19, 2024 9:41 pm
,
No comment

Scaffolding dalam pembelajaran adalah metode mengajar yang menyesuaikan tingkat dukungan guru dengan potensi kognitif siswa. Ini berarti bahwa guru memberikan... Read more.

Pembelajaran Konstruktivisme

5 Prinsip Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme

April 19, 2024 4:42 am
,
No comment

Teori pembelajaran konstruktivisme adalah pendekatan yang menganggap bahwa pengetahuan tidak hanya ditransfer dari guru ke siswa, tetapi harus dibangun oleh... Read more.

Pendekatan pembelajaran

5 Pendekatan Pembelajaran Perlu Guru Ketahui

April 17, 2024 6:07 pm
,
No comment

Pendidikan merupakan sebuah proses kompleks yang melibatkan berbagai metode dan pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Salah satu pendekatan... Read more.

woman, question mark, person-687560.jpg

Perbedaan Pendekatan dan Model Pembelajaran

April 16, 2024 5:05 am
,
No comment

Dalam dunia pendidikan, istilah ‘pendekatan‘ dan ‘model pembelajaran’ sering kali menjadi topik diskusi di kalangan guru dan kepala sekolah. Kedua... Read more.

Time token learning model

Ide Pokok Model Pembelajaran Time Token

February 11, 2024 11:08 am

No comment

Halo sobat okeguru. Kita akan menyelami ide pokok salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu mengubah dinamika kelas, yaitu Model... Read more.

back to school, abc, school enrollment-2629361.jpg

Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

January 1, 2024 2:55 am

No comment

Pengantar era baru pembelajaran di Indonesia telah dicanangkan melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Berfokus pada pengalaman belajar yang berkualitas, Kurikulum ini... Read more.

woman, question mark, person-687560.jpg

Pahami CP Melalui Pertanyaan

December 31, 2023 11:17 am
,
No comment

Memahami Capaian Pembelajaran (CP) merupakan fondasi utama bagi pendidik. Setiap guru perlu mengenali kompetensi kunci dari CP yang harus dikuasai... Read more.

student, typing, keyboard-849825.jpg

Perancangan Pembelajaran Efektif

December 31, 2023 10:36 am

No comment

Pendidikan yang efektif bukanlah produk instan, tapi merupakan hasil dari perencanaan yang matang dan terstruktur. Buku “Pembelajaran dan Asesmen” mengulas... Read more.

SINTAK PEMBELAJARAN TANDUR

December 24, 2023 1:26 pm

No comment

Pembelajaran aktif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang semakin populer di dunia pendidikan. Pembelajaran aktif menekankan pada keterlibatan siswa secara... Read more.

Pendidikan di era VUCA

December 22, 2023 6:03 pm

No comment

Dalam konteks dunia pendidikan, era VUCA menekankan kebutuhan untuk menyesuaikan pendekatan pengajaran, kurikulum, dan pengembangan profesional. Hal ini untuk menyiapkan... Read more.

Photo Gallery