Cara Menyulap HP Jadi Remote
Gak bakalan nyangka kalau HP bisa jadi remote, caranya seperti ini
http://shop.okeguru.com
Ads by Oke Guru
Menu Click to open Menus
Home » Tips Trik » Excel » Cara Pembuktian Persamaan Fungsi Persamaan Linier Menggunakan Excel

Cara Pembuktian Persamaan Fungsi Persamaan Linier Menggunakan Excel

(461 Views) June 25, 2014 8:50 am | Published by | No comment

Fungsi persamaan linier ditulis dengan f(x)=ax+b atau y=ax+b. Hasil dari bentuk persamaan ini akan menghasilkan satu garis lurus. Pertanyaannya, bagaimana cara membuktikannya?
Seingat saya dulu waktu belajar matematikan, dengan persamaan linier y=ax+b ditugaskan untuk digambarkan bentuk garis dan ditanya berapa gradiennya. Kemudian apa yang terjadi dengan bentuk garis jika gradiennya positif atau negatif dan bagaimana pengaruh nilai gradien jika nilainya ditambah atau dikurangi.
Langsung saja, akan saya demokan cara mengamati bentuk grafik fungsi persamaan linier f(x)=ax+b atau akan saya sebut selanjutnya y=ax+b menggunakan excel.
Komponen yang dibutuhkan pada persamaan y=ax+b adalah nilai varibel x, konstanta a dan b. Maka langkah pertama kita buat ruang untuk menyimpan nilai a dan b, misal saya letakkan pada cell B3 untuk nilai a dan cell D3 untuk nilai b, seperti pada gambar 1.

gambar 1

gambar 1

Selanjutnya membuat nilai untuk variable x dan saya letakkan pada cell B5 sampai dengan cell L5. Supaya setiap isi nilai cell B5 diubah dan nilai pada cell C5 sampai dengan cell L5 ikut berubah secara linier maka setelah memberikan nilai 1 pada cell B5, untuk cell C5 sampai dengan L5 harus menggunakan formula (rumus). Langkah pemberian rumusnya, letakkan kursor pada cell C5 kemudian ketik =B5+1, kemudian copy formula tersebut pada cell D5 sampai dengan L5 dan hasilnya seperti pada gambar 2.

gambar 2

gambar 2

Kemudian langkah berikutnya membuat formula untuk persamaan y=ax+b.
Saya akan letakkan persamaan y dibawah varibel x, yaitu cell B6 saampai dengan L6. Pindahkan kursor pada cell B6 kemudian ketik formula =($B$3*B5)+$D$3 tekan ENTER dan kemudian copy formula tersebut pada cell C6 sampai dengan L6. Hasilnya akan seperti gambar 3.

gambar 3

gambar 3

Nilai y masih kosong dikarenakan nilai a dan b masih kosong. Silahkan coba masukkan nilai sembarang pada cell B3, D3 dan cell B5, misal B3 diisi 2, D3 diisi 4 dan B5 diisi 1. Hasilnya akan seperti pada gambar 4.

gambar 4

gambar 4

Terakhir akan membuat grafiknya. Blok cell B6 sampai dengan cell L14, kemudian pilih menu Insert –> Line. Seperti gambar 5.

gambar 5

gambar 5

Hasil grafik yang dihasilakan adalah seperti gambar 6.

gambar 6

gambar 6

Bentuk grafik pada gambar 6 akan berubah sesuai dengan nilai a, b dan x. Sehingga untuk membuktikan persamaan linier tidak perlu menggunakan aplikasi yang rumit seperti flash atau software sejenis lainnya. Microsoft Excel atau OpenOfiice pun dapat dijadikan sarana untuk melakukan ekperimen persamaan linier pada matematika. Saya yakin semua guru dan siswa sudah terbiasa menggunakan Microsoft Excel.
Untuk persamaan y = x dapat diamati dengan cara mengisi nilai a =1 dan b = 0, sedangkan untuk persamaan y = -x dapat diamati dengan mengisi nilai a = -1 dan b = 0.

~ Selamat mencoba dan salam inovatif ~

Categorised in:

No comment for Cara Pembuktian Persamaan Fungsi Persamaan Linier Menggunakan Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *