Cara Menyulap HP Jadi Remote
Gak bakalan nyangka kalau HP bisa jadi remote, caranya seperti ini
http://toko.okeguru.com
Ads by Oke Guru
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Media Pembelajaran » Moodle » TIGA LANGKAH MUDAH MEMBUAT VIRTUAL CLASS MOODLE GRATIS

TIGA LANGKAH MUDAH MEMBUAT VIRTUAL CLASS MOODLE GRATIS

(565 Views) April 13, 2019 2:35 pm | Published by | No comment


Mengenal LMS

“Didiklah anak-anakmu, karena mereka akan hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu” (Umar bin Khatab). Lain dulu juga lain sekarang. Kids zaman now, berbeda dengan kids zaman old.

Perbedaan kebiasaan ini yang menjadi dasar para pendidik harus menyesuaikan dengan perkembangan. Kehadiran teknologi yang pesat ditengah kehidupan masyarakat, mendorong pendidik untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Akses informasi yang sangat mudah didapat dan cepat dikakses, jadi tantang bagi guru-guru hebat untuk melakukan upgrade metode dan media. Mau tidak mau, suka tidak suka, kehadiran teknologi harus diterima.

Indiatimes.com mendefinisikan E-Learning sebagai sebuah system pembelajaran formal dengan menggunakan sumber daya elektronik. Kemudian Haitham A. El-Ghareeb dalam majalah pendidikan elearnmag.ac.or, membagi e-learning menjadi tiga, yaitu (1) Traditional Learning; (2) Distant Learning; dan (3) Blended Learning.

Dalam proses kegiatan traditional learning, siswa datang kesekolah kemudian informasi pembelajaran disampaikan guru melalui presentasi dengan menggunakan teknologi informasi komunikasi (TIK).
Berbeda dengan distant learning. Guru dan siswa berada di tempat dan waktu yang berbeda. Materi pelajaran disajikan dalam kelas maya, lengkap dengan instruksi kegiatan yang harus dilakukan.

Blended learning merupakan perpaduan dari traditional learning dan distant learning. Materi pembelajaran disimpan dikelas maya supaya dapat di akses siswa. Namun kegiatan tatap muka di kelas masih tetap dilakukan.

Saat ini blended learning lebih banyak digandrungin oleh guru – guru yang menerapkan pola pembelajaran e-learning. Pasalnya semua proses pembelajaran dapat dengan mudah dikelola. Mulai dari proses persiapan, pembelajaran, hingga evaluasi dan laporan prestasi belajar.

Sistem yang dapat memenuhi kebutuhan blended learning bisa terpenuhi dengan sebuang sistem managemen pelambelajaran. Atau lebih dikenal denga Learning Management System (LMS). Salah satu contoh aplikasi LMS adalah Moodle.

Kenapa Harus Moodle

Layaknya sebuah proses pembelajaran. Mulai dari persiapan, pembelajaran, evaluasi sampai dengan pelaporan pembelajaran dapat di proses dengan menggunakan aplikasi Moodle.

Fitur kelas maya dengan berbagai macam model, mulai dari kelas maya model topic, weekly, social dan masih banyak lagi. Berbagai model soal evaluasi mulai dari multiple choice, short answer, essay, matching, fill text, dan masih banyak lagi. Kemudian leveling akun pengguna dengan berbagai tingkatan. Mulai dari Admin, Course Creator, Teacher, Student, Guest, dan akun yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Semisal pembuatan hak akses untuk akun orang tua siswa.

Yang tidak kalah menarik dan menjadikan moodle sebagai pilihan LMS, karena moodle merupakan aplikasi open source. Artinya bebas untuk untuk diunduh tanpa harus memiliki lisensi.

Aplikasi moodle harus diinstal di server. Sehingga syarat untuk meggunakan LMS Moodle harus memiliki mesin server. Untuk pengunaan personal masih dilakukan dengan memanfaatak laptop sebagai server. Tapi untuk pengguaan dalam lingkum sekolah membutuhkan perangkat server yang lebih mumpuni.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memiliki aplikasi moodle tanpa harus ribet mempersiapkan server. Dengan kata lain, bisa memiliki dan memanfaatkan seluruh fitur moodle tanpa harus memiliki mesin server.

Tiga Langkah Membuat Kelas Virtual Moodle Gratis

Ada dua hal yang harus dipersiapkan untuk membangun kelas virtual menggunakan moodle, yaitu software dan hardware. Kebutuhan software moodle dapat diunduh gratis melalui situs moodle.org. Sedangankan untuk kebutuhan hardware, perlu pengadaan perangkat server dengan spesifikasi minimum RAM 1GB atau 8GB untuk kebutuhan akses yang lebih besar, hardisk 5GB dan processor 2GHz atau lebih.

Namu semua itu bisa diabaikan. Karena sekarang, saya akan membahas “Tiga Langkah Membuat Kelas Virtual Moodle Gratis”. Artinya tidak membutuhkan software yang harus didownload. Tidak perlu mesin server yang harus dibeli.
Okee. Kita langsung bahas saja “Tiga Langkah Membuat Kelas Virtual Moodle Gratis”.

Langkah ke-1
Buka halaman browser. Bisa menggunakan Internet Explorer, Mozila, Opera, atau Chrome. Kemudin ketik http://gnomio.com pada address bar browser seperti ditunjukkan pada gambar 1.


Gambar 1. Penulisan alamat gnomio.com pada browse Chrome

Langkah ke-2
Beberapa saat setelah mengetikkan alamat gnomio.com akan tampil halama web seperti pada gambar 2. Silahkan isi data URL: dengan alamat web kelas vitual yang Anda inginkan. Contoh pada gambar saya ketik dengan nama kelasokeguru. Sehingga, nama web lengkapnya akan menjadi kelasokeguru.gnomio.com.
Selanjutnya isi Email dengan yang aktif. Karena gnomio.com akan megirimkan user dan password untuk akses ke kelas virtual yang Anda buat, melalui email yang didaftarkan.
Kemudian pilih Language. Fitur ini akan mengatur bahasa default kelas virtual yang akan dibuat. Terakhir, klik tombol Create site.

Gambar 2. Tampilan halaman depan gnomio.com

Langkah ke-3
Buka email yang didaftarkan pada langkah 2. Dan catatan user name dan password yang diberikan gnomio.com

Sekarang Anda sudah memiliki kelas virtual moodle. Silahkan akses kehalaman kelas virtual dengan menggunakan akun yang sudan Anda miliki.
Pada contoh, saya bisa mengakses halaman kelas virtual dengan alamat http://kelasokeguru.gnomio.com.
Selamat mencoba.

Gambar 3. User dan Password yang dikirim via email

Daftar Pustaka

Definition of E-Learning[Online], tersedia: https://economictimes.indiatimes.com/definition/e-learning [12 April 2019]

EL-GHAREEB, HAITHAM A.(2009). E-Learning and Management Information Systems [online], tersedia: https://elearnmag.acm.org/archive.cfm?aid=1621693 [10 April 2019]

New Features[Online], tersedia: https://docs.moodle.org/36/en/New_features [10 April 2019]

Installing Moodel[Online], tersedia: https://docs.moodle.org/36/en/Installing_Moodle[12 April 2019]

Categorised in: ,

No comment for TIGA LANGKAH MUDAH MEMBUAT VIRTUAL CLASS MOODLE GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *