Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » 5 Pendekatan Pembelajaran Perlu Guru Ketahui

5 Pendekatan Pembelajaran Perlu Guru Ketahui

(340 Views) April 17, 2024 6:07 pm | Published by | No comment

Pendidikan merupakan sebuah proses kompleks yang melibatkan berbagai metode dan pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Salah satu pendekatan yang sering dibahas dalam dunia pendidikan adalah konstruktivisme, namun ada berbagai pendekatan lain yang juga penting untuk dipahami. Berikut ini adalah eksplorasi beberapa pendekatan pembelajaran yang berdasarkan kajian teori ahli pendidikan.

Pendekatan Konstruktivisme

Konstruktivisme berfokus pada pemahaman bahwa pengetahuan dibangun oleh pelajar melalui pengalaman mereka sendiri. Pelajar dianggap sebagai subjek aktif yang membangun pengetahuan dan makna dari interaksi mereka dengan dunia. Dalam pendekatan ini, guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses pembelajaran mereka sendiri.

Pendekatan Kontekstual

Pendekatan kontekstual menekankan pentingnya belajar dalam konteks yang nyata dan relevan dengan kehidupan siswa. Hal ini bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Guru menggunakan situasi dunia nyata sebagai titik awal untuk memfasilitasi pembelajaran yang mendalam.

Pendekatan Deduktif dan Induktif

Pendekatan deduktif dimulai dengan teori umum yang kemudian diterapkan pada contoh spesifik, sedangkan pendekatan induktif bergerak dari contoh spesifik ke generalisasi atau teori. Kedua pendekatan ini sering digunakan dalam pembelajaran bahasa, matematika, dan ilmu pengetahuan.

Pendekatan Teacher Centered

Dalam pendekatan ini, guru memegang kontrol penuh atas proses pembelajaran. Guru bertindak sebagai sumber utama informasi dan pengetahuan, dan siswa diharapkan mengikuti instruksi dan mempelajari materi yang diberikan.

Pendekatan Student Centered

Berkebalikan dengan teacher centered, pendekatan student centered menempatkan siswa sebagai pusat proses pembelajaran. Siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi, bertanya, dan menemukan pengetahuan mereka sendiri dengan dukungan dan bimbingan dari guru.

Setiap pendekatan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan pemilihan pendekatan yang tepat bergantung pada konteks pembelajaran, karakteristik siswa, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Seorang pendidik yang efektif akan mampu mengintegrasikan berbagai pendekatan ini untuk menciptakan pengalaman belajar yang kaya dan dinamis bagi siswanya.

Demikianlah gambaran singkat tentang macam-macam pendekatan dalam pembelajaran. Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan baru dalam dunia pendidikan dan membantu para pendidik dalam memilih pendekatan yang tepat untuk siswa mereka.

Daftar Pustaka

Thabroni.G. (2022). Pendekatan Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Macam & Jenis. (Online). Tersedia: https://serupa.id/pendekatan-pembelajaran/.

Ramdani.MG,dkk.(2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran – Alma Ata. (Online). Tersedia: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJEETI/article/download/2621/1765.

Anonim. (2023). Pendekatan Pembelajaran: Pengertian, Macam dan Contoh. (Online). Tersedia: https://deepublishstore.com/blog/materi/pendekatan-pembelajaran/.

Oktavania. AY. (2023). 5 Teori Belajar Menurut Para Ahli dan Contoh Implementasinya – Tirto.ID. (Online). Tersedia: https://tirto.id/5-teori-belajar-menurut-para-ahli-dan-contoh-implementasinya-gEsY.

Dahlan.A. (2014). Pendekatan Pembelajaran – Eureka Pendidikan. (Online). Tersedia: https://eurekapendidikan.com/pendekatan-pembelajaran/.

Ramdani,M.G.(2023) undefined. http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2%281%29.20-31.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for 5 Pendekatan Pembelajaran Perlu Guru Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *