Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » CARA MENULIS KUTIPAN

CARA MENULIS KUTIPAN

(526 Views) August 5, 2023 4:44 am | Published by | No comment

Temen – temen okeguru. Pastinya profesi guru tidak akan lepas dari membuat tulisan. Buat modul ajar, menulis buku, membuat jurnal dan masih banyak lagi.

Aktifitas mengutip sumber jadi hal pasti dilakukan saat membuat karya tulis. Jadi saya ingin berbagai pengalaman dengan teman-teman seputar membuat kutipan.

Kutipan adalah pengambilan atau penulisan kembali bagian atau seluruh isi dari sebuah sumber, seperti buku, artikel, atau website, yang digunakan sebagai referensi dalam sebuah tulisan atau karya akademik.

Aktifitas mengutip sumber bacaan digunakan untuk memberikan dukungan atau bukti terhadap argumen yang dibuat dalam tulisan atau karya akademik. Dan juga membantu menunjukkan sumber informasi yang digunakan dan memberikan penghargaan pada penulis asli dari sumber tersebut.

cara membuat kutipan

Ada beberapa cara untuk mengutip dari sebuah sumber. Ini akan tergantung pada jenis tulisan dan format kutipan yang digunakan.

Ditulisan ini, saya akan membahasa cara menulis kutipan berdasarkan jenisnya.

Jenis Kutipan

Ada dua jenis kutipan, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan suatu cara penggunaan kutipan yang biasanya dilakukan oleh seorang penulis. Caranya adalah dengan menulis kembali pikiran, pendapat, ide, atau gagasan orang lain yang sama persis dengan aslinya.” 

Kutipan langsung memiliki 2 jenis, yaitu kutipan langsung panjang dan kutipan langsung pendek. Kutipan langsung panjang berisikan 40 kata atau lebih, dan bisa memakan 3 baris dari satu paragraf. Sementara kutipan langsung pendek memiliki jumlah kata di bawah 40, dan jumlah barisnya tidak mencapai 3 baris.

Misalnya seperti ini :

“Media pembelajaran adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan untuk belajar baik melalui buku, film, kaset, dan media pendidikan lainnya” (Briggs, 1970)

atau

Briggs (1970), mengungkapkan pendapat yaitu “media pembelajaran adalah segala bentuk alat fisik yang dapat menyajikan pesan untuk belajar baik melalui buku, film, kaset, dan media pendidikan lainnya.”

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah jenis kutipan yang mengambil inti sari dari isi sumber bacaan dengan tanpa mengurangi makna sebenarnya.

Sehingga, untuk penulisannya bisa dengan cara meringkas atau menyimpulkan pendapat atau menuliskan inti sari dari sumber bacaan dengan gaya bahasa sendiri.

Misalnya seperti ini :

Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat entitas ilmiah yang berfungsi untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat (Michelle Doe, 2016: 27).

Jika dikutip tidak langsung, maka akan seperti berikut ini:

Michelle Doe (2016: 27) berpendapat bahwa kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat entitas ilmiah yang berfungsi untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat.

Semoga tulisan ini bermanfaat
Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka

Fauzan Tri Nugroho. (2021). Cara Menulis Kutipan yang Benar, Lengkap Beserta Contohnya. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.bola.com/ragam/read/4581198/cara-menulis-kutipan-yang-benar-lengkap-beserta-contohnya.

Siti Badriyah. (2021). Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/.

Yusuf Abdhul. (2023). Cara Menulis Kutipan: Dari Orang Lain, Jurnal, Buku dan Internet. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for CARA MENULIS KUTIPAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *