Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » Konsep Zona Perkembangan Proksimal

Konsep Zona Perkembangan Proksimal

(477 Views) April 20, 2024 4:10 am | Published by | No comment

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) adalah istilah yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky, seorang psikolog Rusia. Konsep ini menggambarkan jarak antara apa yang dapat dilakukan seseorang secara mandiri dan apa yang bisa mereka capai dengan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman. ZPD menjadi fondasi penting dalam pendekatan pendidikan yang menekankan pada pembelajaran sosial dan interaksi sebagai alat utama dalam perkembangan kognitif.

Tokoh ZPD

Lev Vygotsky adalah tokoh utama di balik konsep ZPD. Dia mengembangkan teori ini sebagai bagian dari pandangannya tentang bagaimana anak-anak belajar dan berkembang dalam konteks sosial mereka. Vygotsky percaya bahwa interaksi sosial memainkan peran krusial dalam proses belajar dan bahwa anak-anak belajar paling efektif ketika mereka bekerja dalam ZPD mereka.

Teori ZPD

Teori ZPD menekankan bahwa pembelajaran terjadi ketika siswa dihadapkan pada tugas yang sedikit di luar kemampuan mereka untuk diselesaikan sendiri, tetapi dapat diselesaikan dengan bantuan dari guru atau teman sebaya. Ini mendorong siswa untuk mencapai potensi mereka dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam dan berarti.

Implementasi Zona Perkembangan Proksimal dalam Pembelajaran

Dalam praktik pendidikan, ZPD dapat diimplementasikan melalui strategi seperti scaffolding, di mana guru memberikan dukungan awal kepada siswa saat mereka belajar konsep baru. Seiring waktu, dukungan ini berkurang, memberikan siswa kesempatan untuk menjadi lebih mandiri. Implementasi ini juga melibatkan kerja sama antar siswa, diskusi kelas, dan kegiatan yang mendorong pemikiran kritis dan pemecahan masalah.

Konsep ZPD memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana siswa belajar dan bagaimana pendidik dapat mendukung pembelajaran mereka secara efektif. Ini tetap relevan dan berpengaruh dalam pendidikan modern, membantu guru untuk merancang pengalaman belajar yang memenuhi kebutuhan individu setiap siswa.

ZPD Dalam Pembelajan

Konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky, diterapkan dalam pembelajaran dengan cara berikut:

1. Instruksi yang Dipersonalisasi.

Guru memberikan instruksi yang disesuaikan dengan kemampuan individu siswa, memastikan bahwa tugas-tugas yang diberikan berada dalam jangkauan ZPD mereka.

2. Bimbingan dan Bantuan.

Siswa diberikan bantuan atau scaffolding oleh guru atau teman yang lebih mahir untuk membantu mereka mencapai pemahaman yang lebih dalam dan menyelesaikan tugas yang lebih sulit.

3. Tugas Menantang.

Guru memberikan tugas yang menantang namun masih dapat diselesaikan dengan bantuan, mendorong siswa untuk keluar dari zona nyaman mereka dan belajar hal-hal baru.

4. Kerja Sama Antar Peserta Didik.

Siswa yang lebih mahir diharapkan membantu rekan-rekan mereka yang membutuhkan, menciptakan lingkungan belajar kolaboratif yang mendukung pertumbuhan bersama³.

5. Diskusi dan Pemecahan Masalah.

Melalui diskusi kelas dan kegiatan pemecahan masalah, siswa diajak untuk terlibat dalam pemikiran tingkat tinggi dan memotivasi mereka untuk mencapai tingkat pencapaian yang lebih tinggi.

Dengan menerapkan konsep ZPD, pendidikan menjadi lebih responsif terhadap perbedaan individual siswa, memungkinkan mereka untuk berkembang sesuai dengan potensi mereka masing-masing.

Semoga Bermanfaat. Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka:

Cahyono,A.N.(2010).Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika.(Online).Tersedia: https://eprints.uny.ac.id/10480/1/P3-Adi.pdf.

Silalahi,R.M.(2019). UNDERSTANDING VYGOTSKY’S ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT FOR LEARNING.(Online). Tersedia: https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1544.

Anonimw.Zona perkembangan proksimal – Wikiwand. (Online). Tersedia: https://www.wikiwand.com/id/Zona_perkembangan_proksimal.

Payong,M.R (2020). ZONA PERKEMBANGAN PROKSIMAL DAN PENDIDIKAN BERBASIS
KONSTRUKTIVISME SOSIAL MENURUT LEV SEMYONOVICH VYGOTSKY. (Online). Tersedia: https://www.researchgate.net/profile/Marselus-Payong/publication/343256213_ZONE_OF_PROXIMAL_DEVELOPMENT_AND_SOCIAL_CONSTRUCTIVISM_BASED_EDUCATION_ACCORDING_TO_LEV_SEMYONOVICH_VYGOTSKY/links/617c21f6a767a03c14cb72e3/ZONE-OF-PROXIMAL-DEVELOPMENT-AND-SOCIAL-CONSTRUCTIVISM-BASED-EDUCATION-ACCORDING-TO-LEV-SEMYONOVICH-VYGOTSKY.pdf.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Konsep Zona Perkembangan Proksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *