Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » KUTIPAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

KUTIPAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

(651 Views) July 16, 2023 4:05 am | Published by | No comment

Guru tidak akan pernah jauh dari kegiatan menulis dan membuat kutipan. Berbagaimacam sumber referensi dijadikan bahan tulisan. Sudah dipastikan sebagian isinya membuat mengutip dari sumber lain sebagai referensi. Sehingga kegiatan membuat kutipan akan selalu dekat aktivitas guru.

Menuliskan kutipan didalam tulisan memberikan manfaat. Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa diperoleh.

menulis kutipan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kutip memiliki arti mengambil perkataan atau kalimat dari buku dan sebagainya, sedangkan kutipan merupakan pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri.

Sobat okeguru. Ada dua jenis kutipan yang bisa digunakan. Kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan Langsung

Siti Badriyah, mengatakan dalam tulisannya di gramedia.com bahwa “Kutipan langsung adalah bentuk kutipan yang menyalin langsung dari sumber teks asli, tanpa melakukan perubahan apapun dalam penulisannya.”

Kutipan langsung terbagi menjadi 2, yaitu kutipan lansung panjang dan kutipan langsung pendek.

a. Kutipan Langsung Panjang

Kutipan langsung panjang biasanya disebut dengan Blockquote yaitu jenis kutipan yang paling sering digunakan dalam berbagai karya ilmiah. Syarat yang harus diperhatikan saat membuat kutipan langsung panjang, adalah sebagai berikut:

  1. American Psychological Association atau biasa disingkat dengan APA Style menyatakan bahwa kutipan langsung panjang harus melebihi 40 kata.
  2. Modern Language Association atau dapat disingkat menjadi MLA Style memberikan syarat bahwa kutipan langsung panjang harus melebihi 4 baris.
  3. Apabila seorang penulis membuat kutipan dari sumber bacaan hingga lebih dari 4 baris, maka kalimat yang telah dibuat kutipan dapat diketik pada baris atau paragraf berikutnya

b. Kutipan Langsung Pendek

Kutipan langsung pendek adalah kalimat kutipan yang diambil dari sumber bacaan tidak lebih dari 4 baris. Kata yang dimasukkan dalam kutipan langsung pendek menjadi bagian atau kelanjutan dari tulisan penulis.

Sobat okeguru bisa mengetahui ciri-ciri kutipan langsung pendek dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Terkendali langsung dengan teks;
  2. Jarak antara baris sama dengan teks;
  3. Diapit dengan tanda 2 koma atau kutip; dan
  4. Kutipan tidak melebihi empat baris.

Kutipan Tidak Langsung

Menurut karyatulisku.com (2022), “tidak langsung adalah pinjaman kalimat yang ditulis ulang dengan redaksi yang berbeda.”

Sobat okeguru bisa memilih 2 alternatif saat menulis kutipan tidak langsung. Pertama adalah dengan melakukan parafrase dari kutipan, yaitu mengganti sejumlah kata dan kalimat tanpa mengubah makna kutipan. Atau bisa menggunakan alternatif kedua, yaitu dengan merangkum, meringkas, dan menyimpulkan isi dari kutipan.

Daftar Pustaka

Fauzan Tri Nugroho. (2021). Cara Menulis Kutipan yang Benar, Lengkap Beserta Contohnya. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.bola.com/ragam/read/4581198/cara-menulis-kutipan-yang-benar-lengkap-beserta-contohnya.

Siti Badriyah. (2021). Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/.

Yusuf Abdhul. (2023). Cara Menulis Kutipan: Dari Orang Lain, Jurnal, Buku dan Internet. Diakses pada 2 Juli 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/.

Karyatulisku.com. (2022). Perbedaan Kutipan Langsung dan Tidak Langsung. Diakses pada 16 Juli 2023, dari https://karyatulisku.com/perbedaan-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for KUTIPAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *