Menu Click to open Menus
Home » Artikel Blog » MACAM – MACAM JURNAL

MACAM – MACAM JURNAL

(134 Views) July 1, 2023 11:06 am | Published by | No comment

Jurnal adalah publikasi ilmiah yang berisi artikel-artikel hasil penelitian atau pemikiran dalam bidang ilmu tertentu. Jurnal biasanya diterbitkan secara berkala oleh lembaga atau penerbit yang terkait dengan bidang ilmu tersebut dan ditujukan untuk para akademisi, peneliti, praktisi, atau pihak-pihak yang tertarik dengan bidang ilmu tersebut. Jurnal juga dapat digunakan sebagai sumber referensi atau bahan bacaan untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam suatu bidang ilmu.

Struktur Penulisan Jurnal

  1. Judul.
    Judul jurnal harus mencerminkan isi dari penelitian yang dilakukan dan harus menarik perhatian pembaca.
  2. Abstrak.
    Abstrak adalah ringkasan dari penelitian yang dilakukan, biasanya terdiri dari 150-250 kata. Abstrak harus memberikan gambaran singkat tentang tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan yang diambil.
  3. Pendahuluan.
    Bagian ini berisi latar belakang penelitian, tujuan penelitian, dan hipotesis yang diajukan.
  4. Metode.
    Bagian ini menjelaskan secara detail tentang metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk populasi dan sampel yang digunakan, instrumen yang digunakan, prosedur pengumpulan data, dan analisis data.
  5. Hasil.
    Bagian ini berisi tentang hasil penelitian yang telah dilakukan, baik berupa tabel, grafik, maupun narasi.
  6. Pembahasan.
    Bagian ini berisi tentang interpretasi hasil penelitian dan hubungannya dengan teori yang telah ada sebelumnya.
  7. Kesimpulan.
    Bagian ini berisi tentang kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.
  8. Daftar Pustaka.
    Bagian ini berisi tentang referensi atau sumber-sumber yang digunakan dalam

Macam – macam Jurnal

Berikut adalah beberapa macam jurnal yang umum ditemukan:

  1. Jurnal ilmiah.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel hasil penelitian dalam bidang ilmu tertentu, seperti jurnal biologi, jurnal fisika, jurnal psikologi, dan lain sebagainya.
  2. Jurnal populer.
    Jurnal yang ditujukan untuk masyarakat umum dan berisi artikel-artikel yang ringan dan mudah dipahami, seperti jurnal kesehatan, jurnal wisata, jurnal kuliner, dan lain sebagainya.
  3. Jurnal bisnis.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel tentang bisnis dan manajemen, seperti jurnal keuangan, jurnal pemasaran, jurnal manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
  4. Jurnal pendidikan.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel tentang pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun non-formal, seperti jurnal pendidikan matematika, jurnal pendidikan bahasa Inggris, jurnal pendidikan anak usia dini, dan lain sebagainya.
  5. Jurnal teknologi.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel tentang teknologi dan ilmu komputer, seperti jurnal teknologi informasi, jurnal keamanan komputer, jurnal kecerdasan buatan, dan lain sebagainya.
  6. Jurnal lingkungan.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel tentang lingkungan dan keberlanjutan, seperti jurnal lingkungan hidup, jurnal energi terbarukan, jurnal pertanian organik, dan lain sebagainya.
  7. Jurnal hukum.
    Jurnal yang berisi artikel-artikel tentang hukum dan peraturan, seperti jurnal hukum pidana, jurnal hukum perdata, jurnal hukum internasional, dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi.

Sumber gambar:
Securitymagazine(2019). Keyboard [Gambar]. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023 dari https://www.securitymagazine.com/ext/resources/Default-images/Responsive-Defaults/keyboard.jpg

Tags: ,
Categorised in:

No comment for MACAM – MACAM JURNAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *