Menu Click to open Menus
Home » ARTIKEL » Mastery Learning Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Mastery Learning Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

(860 Views) September 13, 2023 4:56 am | Published by | No comment

Kualitas pembelajaran adalah faktor utama dalam menentukan keberhasilan sistem pendidikan. Saat kita membicarakan kualitas pembelajaran, kita membahas lebih dari sekadar pengiriman informasi kepada siswa.

Ini mencakup bagaimana siswa memahami, mengaplikasikan, dan mempertahankan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh selama proses pembelajaran.

mastery learning

Konsep Mastery Learning atau Pembelajaran Berbasis Penguasaan adalah pendekatan yang telah terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan fokus pada pemahaman yang mendalam dan penguasaan materi.

Di artikel yang saya tulis ini akan menjelaskan konsep Mastery Learning secara lengkap.

Konsep Mastery Learning

Mastery Learning adalah pendekatan pembelajaran yang mendasarkan diri pada pemahaman sepenuhnya dari materi pembelajaran sebelum siswa dapat melanjutkan ke materi berikutnya.

Sumber gambar : https://www.prodigygame.com/main-en/blog/mastery-learning/

Tujuan utama dari konsep ini adalah memastikan bahwa semua siswa benar-benar menguasai materi sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Berikut adalah beberapa prinsip pentingnya:

  1. Penguasaan Penuh
    Siswa diharapkan untuk mencapai tingkat pemahaman yang tinggi dalam setiap topik sebelum melanjutkan ke topik berikutnya. Ini berarti mereka harus menguasai konsep dan keterampilan yang diajarkan.
  2. Kemajuan Individual
    Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Oleh karena itu, konsep pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar pada tingkat mereka sendiri, tanpa merasa tertekan oleh batas waktu tertentu.
  3. Pengulangan
    Jika seorang siswa tidak berhasil dalam menguasai materi pada percobaan pertama, mereka akan diberi kesempatan untuk memperbaikinya melalui pengulangan. Hal ini memastikan bahwa setiap siswa memiliki peluang untuk berhasil.
  4. Pemahaman yang Mendalam
    Konsep ini mendorong pemahaman yang mendalam daripada sekadar menghafal informasi. Siswa diajarkan untuk memahami konsep-konsep dasar yang menjadi dasar untuk pemahaman yang lebih kompleks.
  5. Pengukuran dan Evaluasi
    Evaluasi dalam Mastery Learning lebih fokus pada pemahaman siswa daripada pada perbandingan dengan siswa lain. Guru menggunakan alat evaluasi yang beragam untuk mengukur pemahaman siswa.

Manfaat Mastery Learning

Penerapan Mastery Learning dalam pendidikan dapat memberikan manfaat signifikan, seperti:

  1. Peningkatan Pemahaman
    Siswa cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi yang diajarkan karena mereka harus menguasainya sebelum melanjutkan.
  2. Pemecahan Masalah
    Siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang kuat karena mereka diberi waktu untuk memahami konsep-konsep yang sulit.
  3. Motivasi yang Lebih Tinggi
    Dengan sistem yang memungkinkan mereka untuk mengatasi kesulitan dan mencapai penguasaan penuh, siswa cenderung lebih termotivasi.
  4. Pengurangan Ketidaksetaraan
    Mastery Learning mengurangi kesenjangan dalam pemahaman siswa karena fokus pada pemahaman individu.

Pendekatan pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memastikan bahwa setiap siswa benar-benar menguasai materi pembelajaran.

Konsep ini menawarkan pemahaman mendalam, motivasi tinggi, dan pengurangan ketidaksetaraan.

Dengan penerapan yang tepat, pembelajaran dengan pendekatan berbasis Mastery Learning dapat memberikan kontribusi positif dalam proses belajar siswa.

Daftar Pustaka

  1. Bloom, B. S. (1984). The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring. Educational Researcher, 13(6), 4-16.
  2. Guskey, T. R. (1985). The Stability of Classroom Grading Practices: Implications for Grading Reform. Applied Measurement in Education, 4(4), 309-323.
  3. Hanafi, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Penguasaan (Mastery Learning). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-Biruni”, 1(1), 27-37.
  4. Winkel, W. S. (2004). Pemahaman dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Penguasaan (Mastery Learning) dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika, 5(2), 211-216.
  5. Suyono, H. (2010). Konsep dan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Penguasaan (Mastery Learning). Jurnal Pendidikan Penabur, 9(1), 77-87.

Semoga bermanfaat
Salam Inovasi Salam Implementasi

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for Mastery Learning Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *