Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KURIKULUM » MISKONSEPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

MISKONSEPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

(152 Views) July 30, 2022 4:53 pm | Published by | No comment

Miskonsepsi memiliki arti kesalahpahaman. Definisi ini merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia elektronik melalui laman kkbi.web.id.

Topik yang menarik untuk dikupas. Pasalnya implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan sudah sangat masif diimplementasikan.

Nah sekarang Mari kita bahas apa saja miskop-miskonsepsi implementasi kurikulum merdeka yang terjadi di satuan pendidikan.

Melalui tayangan YouTube pada tanggal 21 Juli 2022. Bapak Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assessment Pendidikan Kemendikbudristekdikti RI menyampaikan lima hal tentang miskonsepsi pada implementasi kurikulum merdeka.

Berikut 5 hal miskonsepsi implementasi kurikulum merdeka.

Ganti Kurikulum Ganti Tujuan

Persepsi yang berkembang bahwa ganti kurikulum artinya ganti tujuan. Padahal pergantian kurikulum hanyalah salah satu cara untuk mencapai tujuan.

Jadi perlu ditegaskan bahwa pergantian kurikulum ini adalah untuk mencapai tujuan memperbaiki kualitas pendidikan. Tidak hanya pergantian kurikulum saja untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Program lain seperti program guru penggerak, program sekolah penggerak, program sekolah pusat keunggulan dan masih banyak program lainnya. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

Kurikulum Merdeka Absolut

Kurikulum merdeka tidak bersifat absolut. Dengan kata lain dalam implementasinya bernilai benar atau salah.

Sejatinya kurikulum merdeka ini bersifat kontekstual. Dalam implementasinya disesuaikan dengan karakteristik di satuan pendidikan.

Harus Menunggu Pelatihan Dari Pusat

Banyak satuan pendidikan yang menunggu pelatihan dari pusat. Terkait dengan implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan.

Padahal informasi mengenai implementasi kurikulum merdeka dapat diakses secara langsung oleh sekolah baik melalui laman web ataupun melalui aplikasi yang dapat diakses dari smartphone.

Informasi mengenai kurikulum merdeka yang diakses dengan menggunakan laptop bisa berkunjung pada laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Sedangkan untuk penggunaan smartphone informasi mengenai kurikulum merdeka dapat diakses pada aplikasi platform merdeka mengajar.

Implementasi Kurikulum Merdeka Instan

Implementasi kurikulum merdeka tidaklah instan. Penerapannya membutuhkan proses.

Pendekatan student center dengan memberikan banyak waktu utk memperdalam pembelajaran jadi ciri khasnya.

Melalui pembelajaran berbasis project, siswa akan mendapatkan pembelajaran bermakan. Keilmuan, manfaat, implementasi, keterampilan memecahkan permasalahan dan inovasi, akan siswa dapatkan.

Kurikulum Merdeka Hanya Untuk Sekolah Lengkap

Katanya sih hanya untuk sekolah yang lengkap fasilitasnya.

Nah ini dia yang harus dipertegas. Kurikulum Merdeka besifat fleksibel. Implementasinya menyesuaikan dengan kondisi dan ke-khas-an di satuan pendidikan.

Jangang pernah merasa kecil dengan tidak lengkapnya sarana. Jangan pernah mengeluh ketika terbatas dengan kondisi yang ada. Karena pembelajaran terjadi saat mindset siswa, guru, dan seluruh komponen sekolah mampu berinovasi dan tak berhenti mengembangkan menuju yang lebih baik.

Yuk, simak video nya…

Bersama saya Yuyus Wisnurat. Salam Inovasi Salam Implementasi.

Categorised in:

No comment for MISKONSEPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Leave a Reply

Your email address will not be published.