Menu Click to open Menus
Home » ARTIKEL » Perancangan Pembelajaran Efektif

Perancangan Pembelajaran Efektif

(440 Views) December 31, 2023 10:36 am | Published by | No comment

Pendidikan yang efektif bukanlah produk instan, tapi merupakan hasil dari perencanaan yang matang dan terstruktur. Buku “Pembelajaran dan Asesmen” mengulas bagaimana proses perancangan pembelajaran yang strategis itu harus melalui empat tahap penting.

Tahapan-tahapan ini dirancang untuk memastikan bahwa pembelajaran yang terjadi di dalam kelas tidak hanya mencakup transfer pengetahuan tetapi juga pencapaian kompetensi yang lebih luas.

Memahami Capaian Pembelajaran

Tahap pertama adalah memahami Capaian Pembelajaran (CP). CP merupakan kompas yang mengarahkan seluruh proses pembelajaran. Sebagai guru, kita perlu menyelami dengan saksama apa saja yang diharapkan para siswa untuk dapat capai. Ini mencakup pemahaman yang holistik – dari pengetahuan konseptual hingga keterampilan praktis dan sikap personal.

Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Menyusul tahap kedua yaitu merumuskan Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini lebih spesifik dari CP. Di sini, kita meretakkan lebih lanjut CP menjadi tujuan yang jelas dan terukur. Apakah siswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tertentu? Atau mungkin merekam aplikasi teori dalam eksperimen nyata? Ini menentukan apa yang kita harapkan siswa untuk pahami dan kuasai setelah pengajaran.

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Kemudian, di tahap ketiga, kita menyusun Alur Tujuan Pembelajaran. Ini adalah bagian di mana kita menyusun rencana aksi. Alur tujuan ini memberikan gambaran cara mengintegrasikan berbagai tujuan pembelajaran menjadi satu jalur yang koheren, logis, dan memikat. Tahap ini memerlukan kreativitas dan inovasi dari para guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang berarti dan menarik bagi siswa.

Merancang Pembelajaran

Akhirnya, tahap keempat merupakan merancang pembelajaran itu sendiri. Tahap ini adalah penerjemahan rencana menjadi tindakan nyata. Guru harus merancang kegiatan pembelajaran, memilih metode pengajaran, alat bantu, sumber belajar, serta teknik asesmen yang akan digunakan. Semua harus dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta konteks pembelajaran yang akan terjadi.

Untuk memastikan bahwa proses perancangan pembelajaran ini memiliki dampak substansial, kita sebagai pendidik harus terus menerus merefleksikan dan menilai kembali pendekatan kita. Keterbukaan terhadap umpan balik dan adaptasi menjadi kunci untuk memastikan bahwa pembelajaran yang kita desain tidak hanya teoritis namun juga responsif terhadap kebutuhan siswa dan dinamika pembelajaran.

alur perencanaan pembelajaran

Melalui empat tahapan perancangan pembelajaran ini, kita tak hanya menyajikan konten, tapi juga menciptakan pendidikan yang berdaya guna dan bermakna, yang sejalan dengan cita-cita kita untuk membentuk individu-individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kompeten dan berakhlak mulia.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara merancang pembelajaran efektif? Ikuti terus blog ini untuk wawasan lebih dalam mengenai pendidikan dan proses belajar mengajar.

Semoga Bermanfaat
Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Kemdikbudrisrek, Jakarta 119 hal.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for Perancangan Pembelajaran Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *