Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » Perbedaan Pendekatan dan Model Pembelajaran

Perbedaan Pendekatan dan Model Pembelajaran

(382 Views) April 16, 2024 5:05 am | Published by | No comment

Dalam dunia pendidikan, istilah ‘pendekatan‘ dan ‘model pembelajaran’ sering kali menjadi topik diskusi di kalangan guru dan kepala sekolah. Kedua konsep ini memainkan peran penting dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya, dan bagaimana contoh implementasinya di kelas? Mari kita jelajahi lebih lanjut.

Pendekatan dan model pembelajaran
gambar ilustrasi

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mengarahkan bagaimana materi diajarkan. Ini adalah filosofi atau teori yang mendasari strategi pengajaran. Sebagai contoh, pendekatan konstruktivisme menekankan pada pembelajaran aktif siswa, di mana mereka membangun pengetahuan sendiri melalui pengalaman dan interaksi.

Contoh Implementasi Pendekatan Konstruktivisme

Seorang guru menerapkan pendekatan konstruktivisme dengan membiarkan siswa mengeksplorasi konsep matematika melalui manipulatif dan permainan. Siswa diberi kesempatan untuk menemukan prinsip-prinsip matematika sendiri sebelum guru menjelaskan teori di baliknya.

Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah rencana atau pola yang lebih spesifik yang digunakan guru dalam mengatur proses pembelajaran. Ini mencakup langkah-langkah konkret dan teknik yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Sebagai ilustrasi, model pembelajaran kooperatif melibatkan siswa bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah dan belajar satu sama lain.

Contoh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif

Dalam pelajaran sains, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok diberi tugas untuk mendesain eksperimen yang menguji hipotesis tertentu. Siswa kemudian berkolaborasi untuk melaksanakan eksperimen dan menyajikan temuan mereka kepada kelas.

Perbedaan Kunci

Perbedaan utama antara pendekatan dan model pembelajaran terletak pada tingkat spesifisitas dan aplikasi praktisnya. Pendekatan pembelajaran memberikan pandangan umum tentang bagaimana pembelajaran harus terjadi, sedangkan model pembelajaran memberikan struktur yang lebih terperinci tentang bagaimana mengimplementasikan pendekatan tersebut dalam kelas.

Dengan memahami perbedaan antara pendekatan dan model pembelajaran serta contoh implementasinya, para pendidik dapat lebih efektif dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa mereka. Ini akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memaksimalkan potensi belajar setiap siswa.

Semoga bermanfaat. Salam Inovasi Salam Implementasi.

Daftar Pustaka

Anam.MK. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM), PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. (Online). Tersedia: http://etheses.uin-malang.ac.id/23861/1/16110122.pdf.

Akbar. K. (2015). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN – Universitas Negeri Semarang. (Online). Tersedia : http://lib.unnes.ac.id/20754/1/3101411011%2DS.pdf.

Abner. (2023). Model Pembelajaran dan Contoh Penerapannya: Menjelajahi Dunia Belajar yang Seru. (Online). Tersedia: https://perpusteknik.com/model-pembelajaran-dan-contoh-penerapannya/.

Oktavania.AY. (2023). 5 Teori Belajar Menurut Para Ahli dan Contoh Implementasinya. (Online). Tersedia: https://tirto.id/5-teori-belajar-menurut-para-ahli-dan-contoh-implementasinya-gEsY.

Sarkepo. (2024). 10 Jenis Pendekatan Pembelajaran Beserta Contohnya. (Online). Tersedia: https://sarkepo.com/jenis-pendekatan-pembelajaran/.

Thabroni.G. (2022). Pendekatan Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Macam & Jenis. (Online). Tersedia : https://serupa.id/pendekatan-pembelajaran/.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for Perbedaan Pendekatan dan Model Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *