Menu Click to open Menus
Home » MODEL PEMBELAJARAN » SINTAK PEMBELAJARAN TANDUR

SINTAK PEMBELAJARAN TANDUR

(354 Views) December 24, 2023 1:26 pm | Published by | No comment

Pembelajaran aktif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang semakin populer di dunia pendidikan. Pembelajaran aktif menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran.

Salah satu model pembelajaran aktif yang populer adalah model pembelajaran TANDUR. TANDUR merupakan singkatan dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demostrasikan, Ulangi, dan Rayakan.

Model pembelajaran ini terdiri dari enam SINTAK atau langkah yang saling berkaitan dan saling mendukung.

Tumbuhkan

Langkah pertama dalam model pembelajaran TANDUR adalah Tumbuhkan. Pada langkah ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi materi pembelajaran secara mandiri. Guru dapat memberikan pertanyaan, tantangan, atau tugas yang dapat memancing siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

Alami

Langkah kedua adalah Alami. Pada langkah ini, siswa diajak untuk mengalami materi pembelajaran secara langsung. Siswa dapat melakukan praktik, simulasi, atau eksperimen untuk memahami materi pembelajaran secara mendalam.

Namai

Langkah ketiga adalah Namai. Pada langkah ini, siswa diminta untuk memberikan label atau nama terhadap konsep atau keterampilan yang telah mereka pelajari. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa untuk mengingat dan memahami materi pembelajaran.

Demostrasikan

Langkah keempat adalah Demostrasikan. Pada langkah ini, siswa diminta untuk mempraktikkan konsep atau keterampilan yang telah mereka pelajari. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Ulangi

Langkah kelima adalah Ulangi. Pada langkah ini, siswa diminta untuk mengulang materi pembelajaran yang telah mereka pelajari. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Rayakan

Langkah keenam adalah Rayakan. Pada langkah ini, siswa diberikan kesempatan untuk merayakan pencapaian mereka dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Sintak pembelajaran TANDUR merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran. Model pembelajaran ini juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah.

Berikut ilustrasi contoh penerapan sintak pembelajaran TANDUR dalam pembelajaran:

Tumbuhkan. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui tentang tumbuhan.

Alami. Siswa melakukan praktik menanam tanaman di sekolah.

Namai. Siswa diminta untuk memberikan nama terhadap bagian-bagian tumbuhan.

Demostrasikan. Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil praktik menanam tanaman mereka.

Ulangi. Siswa diminta untuk membuat catatan tentang materi pembelajaran tentang tumbuhan.

Rayakan. Siswa diberikan kesempatan untuk memamerkan hasil praktik menanam tanaman mereka kepada orang tua.

Dengan menerapkan sintak pembelajaran TANDUR, guru dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.

Semoga Bermanfaat. Salam Inovasi Salam Implementasi.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for SINTAK PEMBELAJARAN TANDUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *