Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ARTIKEL » Teori Pembelajaran Konstruktivisme Menurut 4 Tokoh Pendidikan

Teori Pembelajaran Konstruktivisme Menurut 4 Tokoh Pendidikan

(172 Views) April 21, 2024 8:14 am | Published by | No comment

Pada era pendidikan yang terus berkembang, penting bagi para guru untuk memahami berbagai teori pembelajaran yang menjadi landasan bagi praktik mereka di kelas. Salah satu teori yang mendapat perhatian luas adalah konstruktivisme, yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri. Mari kita menjelajahi teori konstruktivisme dari perspektif empat tokoh pendidikan terkemuka: Jean Piaget, Lev Vygotsky, John Dewey, dan Jerome S. Bruner.

Tokoh Konstruktivisme
Gambar ilustrasi

Jean Piaget

Jean Piaget, seorang ilmuwan psikologi terkenal, dikenal sebagai salah satu pendiri teori konstruktivisme. Bagi Piaget, pembelajaran adalah proses aktif di mana anak-anak membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan mereka. Dia memperkenalkan konsep seperti skema, asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi yang menjelaskan bagaimana anak-anak mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia.

Lev Vygotsky

Lev Vygotsky, seorang psikolog asal Rusia, menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pembelajaran. Konsep utama yang diperkenalkan oleh Vygotsky adalah Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), yang menunjukkan jarak antara kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas sendiri dan kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain. Bagi Vygotsky, pembelajaran yang efektif terjadi ketika aktivitas berada dalam ZPD siswa.

John Dewey

John Dewey, seorang filsuf dan pendidik progresif, menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman dan relevansi dalam pendidikan. Baginya, pendidikan harus praktis dan terkait dengan kehidupan nyata siswa. Dewey juga menekankan pentingnya refleksi dalam pembelajaran, di mana siswa belajar melalui pengalaman dan memikirkan implikasi dari tindakan mereka.

Jerome S. Bruner

Jerome S. Bruner, seorang psikolog terkenal, memperkenalkan teori pembelajaran berdasarkan penemuan, dengan penekanan pada proses pemikiran siswa. Salah satu konsep utama yang diperkenalkan oleh Bruner adalah “scaffolding”, di mana guru memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa saat mereka mempelajari materi baru. Bruner percaya bahwa siswa harus aktif terlibat dalam pembelajaran dan membangun pengetahuan mereka sendiri.

Melalui pemahaman tentang kontribusi empat tokoh ini terhadap teori konstruktivisme, para guru dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan memfasilitasi proses belajar yang lebih mendalam bagi siswa mereka. Dengan mempertimbangkan perspektif-perspektif ini, para guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang merangsang dan memberdayakan siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan berpikir kritis.

Semoga Bermanfaat Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka

Anonime. (2021). Implementasi Teori Belajar Konstruktivismedalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky. (Online). Tersedia: https://pgsd.binus.ac.id/2021/12/07/implementasi-teori-belajar-konstruktivisme-dalam-pandangan-jean-piaget-lev-vygotsky/.

Hamal.(2023).Menyingkap Teori Pembelajaran Konstruktivisme Jean Piaget.(Online). Tersedia: https://perpusteknik.com/teori-pembelajaran-konstruktivisme-jean-piaget/.

Hamal.(2023).Teori Pembelajaran Konstruktivisme Vygotsky: Mengajak Pikiran ….(Online). Tersedia: https://perpusteknik.com/teori-pembelajaran-konstruktivisme-vygotsky/.

Thabroni,G.(2022).Teori Belajar Piaget (Cikal-Bakal Teori Kognitif & Konstruktivisme …. (Online). Tersedia: https://serupa.id/teori-belajar-piaget-cikal-bakal-teori-kognitif-konstruktivisme/.

Tamrin,M,.dkk.(2021). TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME VYGOTSKY DALAM PEMBELAJARAN. (Online). Tersedia: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/download/7203/pdf.

Janah,R.(—-). 4 Tokoh Teori Konstruktivisme dan Pemikirannya.(Online). Tersedia: https://dosenpsikologi.com/tokoh-teori-konstruktivisme.

Buguruku.(2021).Teori Kognitif Jerome Bruner.(Online). Tersedia: https://buguruku.com/teori-kognitif-jerome-bruner-1915-2016/.

Jerome Bruner: Teori Pendidikan dan Konstruktivisme – PsikoHub.(Online). Tersedia: https://psikohub.com/discovery/jerome-bruner/.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for Teori Pembelajaran Konstruktivisme Menurut 4 Tokoh Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *