Menu Click to open Menus
Home » ARTIKEL » TUGAS UTAMA GURU

TUGAS UTAMA GURU

(490 Views) June 26, 2023 8:00 am | Published by | No comment

Tugas utama guru diatur oleh undang – undang nomor 14 tahun 2005. Tersurat jelan di dalamnya bahwa “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.” (Bab 1, pasal 1, ayat 1)

Tugas Guru

Menurut undang-undang pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia, tugas utama guru adalah sebagai berikut:

1. Memberikan pengajaran: Guru bertanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan. Mereka harus mempersiapkan dan menyampaikan materi dengan jelas dan efektif agar siswa dapat memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

2. Membimbing dan mendidik: Guru berperan sebagai pembimbing dan pendidik bagi siswa. Mereka harus membantu siswa dalam pengembangan kognitif, emosional, dan sosial mereka. Guru juga diharapkan memberikan dorongan, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam mencapai potensi maksimal mereka.

3. Menilai dan mengevaluasi: Guru bertugas menilai dan mengevaluasi kemajuan belajar siswa. Mereka harus menyusun dan melaksanakan penilaian yang objektif untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Hasil penilaian tersebut digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan menentukan keberhasilan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran.

4. Mengelola kelas: Guru bertanggung jawab untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan belajar yang aman, tertib, dan produktif di dalam kelas. Mereka harus menjaga disiplin, mendorong kolaborasi, dan mengelola interaksi antara siswa. Guru juga harus menghormati perbedaan individu siswa dan menciptakan suasana inklusif di kelas.

5. Berkomunikasi dengan orang tua: Guru perlu berkomunikasi secara teratur dengan orang tua atau wali siswa untuk memberikan informasi tentang perkembangan akademik dan perilaku siswa. Komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua penting untuk mendukung kesuksesan belajar siswa dan membangun kerjasama antara sekolah dan keluarga.

6. Melakukan pengembangan diri: Guru harus mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional secara terus-menerus untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam mengajar. Mereka diharapkan terus memperbarui pengetahuan mereka tentang metode pengajaran terbaru, teknologi pendidikan, dan perkembangan terkini dalam bidang pendidikan.

Tanggung Jawab Guru

Selain tugas utama guru tersebut, ada juga tanggung jawab etis dan moral yang diemban oleh guru, seperti membangun hubungan yang baik dengan siswa, menjaga kerahasiaan informasi pribadi siswa, dan bertindak sebagai contoh teladan bagi siswa dalam sikap dan perilaku yang baik.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi.

Sumber pustaka

Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

Tags: ,
Categorised in:

No comment for TUGAS UTAMA GURU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *