Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MODEL PEMBELAJARAN » VAK LEARNING MODEL

VAK LEARNING MODEL

(951 Views) January 25, 2023 4:55 am | Published by | No comment

Learning Model atau model pembelajaran. Adakah yang sudah tahu kepanjangan VAK ?

Kalau temen – temen mengetikkan VAK di mesin pencari Google. Pasti sudah menemukan jawabannya.

Tapi sebelum dibahas detail mari kita simak dulu beberapa kajian pustaka tentan model pembelajaran VAK.

VAK Larning Model
Sumber : Canva

Definis VAK

VAK merupakan tiga modalitas yang dimiliki oleh setiap manusia. Ketika modalitas tersebut kemudian dikenal sebagai gaya belajar. Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang dapat menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi (DePotter, 1999:22)

Definisi pertama tentang VAK yang saya kutip dari buku Bobbi DePotter. Bukunya cukup terkenal ditahun 1992. “Quantum Learning”. Temen – temen guru pastinya sudah tidak asing lagi dengan buku ini.

Pembelajaran dengan model ini mementingkan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan bagi siswa. Pengalaman belajar secara langsung dengan cara belajar mengingat (Visual), belajar dengan mendengar (Auditory) dan belajar dengan gerak dan emosi (Kinestethic) (DePotter dkk, 1999)

Point penting yang bisa perlu di highlight sesuai kutipan di atas bahwa model pembelajaran VAK mengajak siswa belajar dengan tiga cara. Secara Visual, Auditory dan Kinestetik. Tentang hal ini, nanti saya akan bahas satu per satu di topik khusus.

Menurut Hadian, model pembelajaran VAK merupakan suatu model pembelajaran yang menganggap pembelajaran akan efektif dengan memperhatikan ketiga hal tersebut visual auditori kinestetik dan dapat diartikan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi siswa yang telah dimilikinya dengan melatih dan mengembangkannya.

Nah, dari sini saya jadi terinspirasi. Soalnya dalam pembelajaran VAK harus melibatkan siswa dalam memanfaatkan modalitasnya masing. Artinya, didalam kelas akan ada tiga kelompok siswa dengan gaya belajar berbeda.

Siswa dengan modalitas belajar cara visual tentu akan berbeda cara belajarnya dengan siswa dengan modalitas Auditory dan Kinestetik.

Jadi utk menggunakan skenario VAK Learning Model butuh media. Media pembelajaran yang bisa mengfasilitasi ketiga gaya belajar tadi.

Tahapan VAK Learning Model

Pertama

Tahap pertama adalah persiapan. Saya biasa menyebut tahap pendahuluan.

Kedua

Tahap kedua adalah penyampaian. Ini termasuk pada kegiatan inti pertama. Disini siswa melakukan eksplorasi materi secara mandiri. Tentunya dengan melibatkan indera yang sesuai dengan gaya belajar VAK

Ketiga

Tahap ketiga adalah tahap pelatihan. Tahapan ini siswa dibantu utk mengelaborasi kan hasil eksplorasi. Sesuai dengan gaya belajar VAK.

Keempat

Tahap ke empat adalah penampilan hasil. Kegiatan menyimpulkan yang dilakukan siswa dengan menyajikan hasil belajar. Tentunya disesuaikan dengan gaya belajar siswa.

Kesimpulan

Penjelasan diatas pastinya masih bersifat teoritis. Saat mengimplementasikan, pastinya teman – teman okeguru akan punya pengalaman berbeda.

Kalau sudah mempraktikkan. Boleh dong sharing disini. Ketik aja pengalamannya di kolom komentar yaa.

Catatan penting saya saat mengimplementasikan model pembelajaran VAK, adalah :

  1. Pastikan siswa menyadari, bahwa ada tiga gaya belajar (Visual, Auditory, dan Kinestetik)
  2. Pastikan siswa mengetahui gaya belajar yang dominan pada dirinya.
  3. Didalam kelas akan ada tiga kelompok siswa dengan gaya belajar berbeda.
  4. Perlu dibuat media pembelajaran yang bisa mengfasilitasi ketiga gaya belajar tersebut.
  5. Lakukan skenario pembelajaran ini dengan belajar menyenangkan.

Semoga bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi

This post was written by wisnurat
About

COE of Okeguru.Com. Teacher, Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

No comment for VAK LEARNING MODEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *