Menu Click to open Menus
Home » Mapel Arduino » Mapel Arduino – Membuat Sketch Menggunakan Arduino IDE

Mapel Arduino – Membuat Sketch Menggunakan Arduino IDE

(346 Views) April 25, 2020 1:40 am | Published by | No comment

Okeguru.com – Membuat Sketch Menggunakan Arduino IDE.

Sesi ini akan membahas 2 topik utama. Pertama mengenai penggunaan Arduino ide. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai struktur sketch Arduino.

Seperti biasanya materi disajikan dalam dua bentuk. Yang pertama disajikan dalam bentuk slide dan bisa sobat Okeguru download materinya. Kemudian yang kedua dalam bentuk video penjelasan dari isi slide tentang topik yang dibahas.

Di akhir kegiatan sudah disediakan quiz untuk mengevaluasi hasil aktifitas belajar tentang Membuat Sketch Menggunakan Arduino IDE.

Daftar Isi

  1. Arduino IDE
  2. Struktur Sketch Arduino
  3. Membuat Sketch Arduino
  4. Video Membuat Sketch Arduino
  5. Quiz

Arduino IDE

Arduino ide sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengetikan sketch atau program Arduino. Aplikasi ini bisa di download secara gratis melalui website arduino.cc

Ada dua versi Arduino ide yaitu versi install dan versi portable. Versi instal artinya aplikasi ini harus diinstalkan di sistem operasi yang digunakan pada laptop. Sedangkan versi portable penggunaannya lebih sederhana, tanpa harus diinstal. Cukup dengan mengcopy aplikasi dan disimpan di dalam direktori laptop

Struktur Sketch Arduino

Secara umum struktur sketch pada Arduino terbagi menjadi dua. Pertama Bagian deklarasi dan yang kedua bagian looping. Selengkapnya silakan pelajari materi dalam bentuk slide di bawah ini.

Membuat Sketch Arduino

Sumber belajar di bawah ini ditampilkan dalam bentuk dokumen PDF. Yang membahas mengenai aplikasi Arduino IDE dan struktur sketch Arduino. Silakan materi dapat diunduh secara gratis.


Video Membuat Sketch Arduino

Untuk memperjelas materi dalam bentuk tayangan slide. Berikut ini tayangan video yang menjelasan materi yang ditampilkan pada slide. Selamat menyaksikan.


Quiz

Kuis ini disediakan untuk mengukur penguasaan materi mengenai arsitektur Arduino.
Cara menjawabnya.

  1. Isi data untuk mendapatkan token quiz
  2. Catat token kuis yang tampil pada form pengisian data
  3. Klik tombol kuis

No comment for Mapel Arduino – Membuat Sketch Menggunakan Arduino IDE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *