Cara Menyulap HP Jadi Remote
Gak bakalan nyangka kalau HP bisa jadi remote, caranya seperti ini
http://shop.okeguru.com
Ads by Oke Guru
Menu Click to open Menus
Home » Panduan Karya Tulis » Komponen – komponen Dalam Daftar Pustaka

Komponen – komponen Dalam Daftar Pustaka

(713 Views) June 26, 2014 5:18 pm | Published by | No comment

Daftar pustaka merupakan bagian dari halaman pada suatu karya tulis yang memuat semua sumber tertulis (buku, artikel jurnal, dokumen resmi, atau sumber-sumber lain dari internet) yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Komponen-komponen yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka adalah sebagai berikut :

 

  1. Disususn secara alfabetis. Jika huruf awal sama maka huruf kedua dari nama penulis itu menjadi dasar urutan demikian seterusnya.
  2. Nama penulis, dengan cara menuliskan terlebih dahulu nama belakang, kemudian nama depan (disingkat). Hal ini berlaku untuk semua nama, baik nama asing maupun nama Indonesia. Cara penulisan inilah yang berlaku secara internasional tanpa mengenal kebangsaan dan tradisi. tata tulis ilmiah tidak mengenal prinsip nama apakah yang, lebih dikenal di masyarakat melainkan apakah nama belakang, tanpa memperhitungkan apakah nama itu merupakan nama keluarga atau bukan.
    Misal :

    Abdul Hamid ditulis Hamid, A.
    Tuti Herawati-Mulyono ditulis Herawati-Mulyono, T.
    John Burns ditulis Burns, J.

  3. Tahun penerbitan, judul sumber tertulis yang bersangkutan dengan digarisbawahi atau dicetak miring, kota tempat penerbit berada dan nama penerbit..
  4. Baris pertama diketik mulai pukulan pertama dan baris kedua dan seterusnya diketik mulai pukulan kelima atau satu tab dalam komputer. Jarak antara baris satu dengan berikutnya ada satu spasi, sedangkan jarak antara sumber satu dengan berikutnya adalah dua spasi.
    Contoh :

    Boediono. (1998). Dampak Krisis ekonomi terhadap Penididkan. Jakarta: Pusat Penelitian Sains dan Teknologi UI.Kartodirdjo, S. (1987). Kebudayaan pembangunan dalam Perspektif Sejarah.. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

    Clark, D., et al. (1998). Financing of Education in Indonesia. Manila: Asian Development Bank.

    Darling-Hammod, L. (1997). The Right to Learn, San Francisco: Jossey-Bass.

Categorised in:

No comment for Komponen – komponen Dalam Daftar Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *